15 Cara Ampuh Mengatasi Lag Android Saat Bermain Game Online

Kabartekno.online - Zaman sekarang bermain game sudah menjadi kesukaan banyak orang, khususnya bagi mereka yang masih berusia anak-anak dan remaja. Tetapi banyak pula orang dewasa yang mash saja gemar bermain game android di sela-sela kesibukannya.

Dari sekian banyaknya jenis game android, game online merupakan game yang sangat digemari untuk dimainkan oleh semua kalangan. Di dalamnya juga banyak macamnya, ada jenis MOBA, Sports, Strategi, RPG dan lain-lain.



Bermain game online memang menyenangkan dengan banyak sekali keunggulan bila dibandingkan dengan game Offline. Kita dapat menikmati permainan game dengan kualitas HD, bermain dengan banyak pemain, dan tentunya bebas iklan.

Namun, ada satu hal yang sangat mengganggu ketika kita sedang asyik bermain game online. Sedang asyik-asyiknya, secara tiba-tiba permainan game terhenti atau paling tidak patah-patah. Jika ini terjadi pada kita, rasanya kesal dan mungkin ingin membanting ponsel kita.

Nah, disini kita akan coba berikan beberapa cara agar Lag pada ponsel ketika bermain game online menjadi hilang. Apa saja? berikut ini ulasannya.

- Uninstall Aplikasi yang Tidak Perlu

Aplikasi-aplikasi yang keberadaanya hanya digunakan kadang-kadang saja, atau bahkan mungkin tidak pernah digunakan. Sebaiknya di hapus agar RAM ponsel tidak terbebani dengan begitu banyaknya muatan pada ponsel. Misalnya aplikasi FB, Pinterest, Linkedin, Twitter dan lain-lain. Kamu cukup membukanya melalui browser saja, sehingga tidak akan membuat penuh memory penyimpanan ponsel

- Non-aktifkan layanan latar belakang

Selanjutnya, matikan notifikasi otomatis dari pesan-pesan tertentu. Misalnya notifikasi dari FB, Twitter, dari Email dan lain-lain. Rupanya notifikasi seperti ini juga sangat mengganggu dan membuat proses pemindahan data pada RAM menjadi lamban.

- Perbarui OS (System Operation )

Kadang kita menganggap pembaruan pada sistem operasi pada ponsel tidak begitu penting. Namun sebenarnya, pihak pengembang telah melakukan pembaruan tersebut dengan berbagai pertimbangan termasuk didalamnya adalah prosessing data pada RAM yang tersemat pada ponsel. Walaupun sedikit memakan kuota internet, sepertinya ini juga sangat dianjurkan untuk dilakukan agar memory ponsel selalu fresh.

- Gunakan aplikasi peningkat kinerja ponsel

Kita dapat menemukannya di Play Store dengan berbagai pilihan yang tentunya aman untuk digunakan bagi ponsel anda. Kita bisa gunakan DU Speed Booster, Game Booster dan lain-lain sebagai alat untuk memeperingan RAM ketika memuat sebuah aplikasi.

- Hapus Chace

Cara ini juga ampuh untuk meningkatkan kinerja ponsel, sampah-sampah yang tersisa setelah membuka atau menggunakan ponsel ternyata masih tersimpan dalam RAM. Jika ini dibiarkan dan terus menumpuk, maka akibatnya ponsel akan menjadi lemot dan pastinya game online kita akan terganggu.

- Gunakan Thema dan Wallpaper resmi dari pengembang ponsel

Menggunakan tema atau wallpaper dengan tampilan 3D atau yang semacamnya memang keren, kadang ini juga bisa menjadi masalah. Karena ukurannya yang terlalu besar menjadikan penyimpanan  ponsel juga bisa terganggu. Gunakan tema dengan yang sudah disediakan oleh pengembang ponsel, agar bebas virus dan tentunya ringan.

- Kurangi kualitas tampilan game

Selanjutnya, untuk mengurangi lag saat bermain game adalah dengan mengatur tampilan grafiknya menjadi standard saja. Memang dengan menampilkan HD, game akan lebih realistis dan memukau. Tapi disamping itu, kualitas HD juga akan memperberat RAM ponsel.

- Gunakan Jaringan yang Stabil (4G/Wi-Fi)

Bermain game online syarat utama adalah jaringan internet yang stabil, meskipun jaringan yang saat ini sedang kamu gunakan pada jalur 4G namun tidak stabil, tentu tidak berpengaruh. 

Begitu juga pada jaringan Wi-Fi, perhatikan juga apakah banyak orang yang sedang menggunakan jaringan tersebut? 

- Matikan terlebih dahulu aplikasi lain yang sedang aktif

Sebelum memainkan game online, lebih baik kita tutup dulu aplikasi lain yang baru saja dimainkan. Kita klik tombol utama yang terdapat pada bagian kiri bawah. Disana ada history penggunaan aplikasi yang baru digunakan, Close all dan kamu siap memainkan game online kesukaanmu. 

- Jangan main game saat ponsel sedang di Charging

Nah, ini biasanya dilakukan oleh mereka yang sudah kecanduan berat sama game online. Hingga Battery tidak diberikan waktu untuk istirahat walaupun sejenak bahkan saat di cas. 

Selain memberi istirahat mata, membiarkan ponsel dicas tanpa dibarengi penggunaan juga bermanfaat untuk lancarnya sistem penyimpanan di ponsel.

- Spesifikasi HP kurang memadai

Sebelum mengunduh sebuah game online, ada baiknya kita cek terlebih dahulu apakah spek HP kita sesuai dengan game yang kita sukai tersebut. Jangan kita paksakan ponsel kita memainkan sebuah game yang tidak mampu di operasikan oleh ponsel. Jika kita tetap paksakan, maka akibatnya ponsel akan sering macet ketika memainkan game online tersebut.

- Reset koneksi jaringan menggunakan Airplane Mode

Tentu banyak yang bertanya-tanya benarkah bisa mengatasi lag HP? kamu boleh mencobanya, caranya klik 2 kali ikon mode airplane (mode penerbangan) dan secara otomatis jaringan ponsel akan menjadi stabil dan lag HP akan teratasi. 

- Jangan terlalu lama memainkan game

Coba kita perhatikan, ketika baru memulai permainan game online berjalan lancar tanpa ngadat. Lalu setelah beberapa lama kemudian ponsel menjadi panas dan alur game menjadi lambat bahkan terhenti ditengah jalan.

Perlu kamu ketahui, bermain game paling lama 3 jam kita harus istirahat. Jika kamu terus menerus memainkannya hingga berjam-jam, bisa dipastikan suhu ponsel akan meningkat drastis dan penyimpanan ponsel menjadi down. 

- Gunakan aplikasi Seeder

Cara selanjutnya adalah menggunakan aplikasi gratis di Play Store, ialah Seeder. Aplikasi ini dapat membantu kita untuk meringankan RAM HP meskipun harus menggunakan game HD.

- Battery tidak boleh kurang dari 20%

Salah satu penyebab terjadinya lag ketika memainkan game online/HD adalah ponsel kita sudah low battery. Ketika Battery sudah berwarna merah, maka saat itulah kita harus istirahat dan menambah daya battery tanpa dibarengi dengan penggunaan apapun. Biarkan ponsel terisi penuh sampai benar-benar siap untuk digunakan.

Ponsel kembali anti-lag

Dengan melakukan beberapa cara di atas, bisa dipastikan game onlinemu akan lancar tanpa patah-patah apalagi lag. Selamat mencoba!


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url